July 28, 2015

Membuat TTS (Teka-Teki Silang) di Excel

Jangan terkecoh dengan judulnya yang seolah-olah Excel bisa meng-generate soal TTS secara otomatis. Bukan seperti itu, soal TTS tetap dibuat secara manual, Excel hanya berfungsi sebagai lembar soal, lembar jawaban dan juga pengoreksi. Untuk model/bentuk TTS-nya sendiri bisa mengarang sendiri atau gunakan program lain seperti Crossword Compiler. Nantinya Excel hanya menampung soal dan jawaban untuk kemudian dikoreksi secara otomatis dengan hanya menggunakan formula dan juga fitur kamera/snapshot. Silahkan disimak.
  1. Langkah pertama, siapkan dulu waktu luang dan tempat teduh, karena untuk membuat TTS baiknya tidak dalam keadaan buru-buru atau kepanasan, apalagi TTS yang berhadiah. Jangan memaksakan diri untuk membuat TTS di kafe dengan meja terbuka yang menyediakan wifi gratis.
  2. Atur lebar dan tinggi cell di sheet Excel (anggaplah nama sheet-nya "Sheet1") supaya membentuk bujur sangkar, lalu buat bagan atau skema atau bentuk atau model atau apa saja istilahnya, pokoknya yang seperti gambar di bawah ini.


  3. Beri kata-kata (jawaban) pada kotak mendatar dan menurun. Untuk referensi boleh dicoba program KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Setelah itu beri nomor pada masing-masing kata dengan menggunakan Shapes supaya bisa ditempatkan di ujung kotak.


  4. Buat sheet baru (anggaplah "Sheet2"). Di Sheet2 cell B2 masukkan formula =TRIM(Sheet1!B2). Copy cell B2 dan paste sampai cell K11 atau sesuaikan dimensinya dengan dimensi TTS di Sheet1. Sheet2 ini nantinya akan di-hidden karena berisi kunci jawaban dan cell B2 sampai K11 ini yang akan dibandingkan dengan jawaban yang benar. Jadi apa yang kita masukkan di kotak TTS di Sheet1 akan muncul di Sheet2 cell B2:K11 dengan bantuan formula di atas.
  5. Masih di Sheet2, di cell N2 sampai N19 masukkan soal TTS-nya untuk yang mendatar dan menurun. Di cell O2 sampai O19 masukkan jawabannya sesuai dengan soal di kolom N. Di cell P2 sampai P19 masukkan formula untuk membandingkan jawaban yang diinput dengan jawaban yang sebenarnya, ini bagian yang paling bikin enek dan bikin kram otot mata karena formulanya tidak bisa di-copy ke bawah. Misal di cell N2 saya input dengan "2. Mesra", dimana ini mengacu pada jawaban dari soal nomor 2 mendatar yaitu "ROMANTIS". Di cell O2 saya masukkan jawaban benarnya yaitu "ROMANTIS" (besar kecilnya huruf tidak usah dipermasalahkan karena tidak berpengaruh). Maka di cell P2 saya masukkan formula =C3&D3&E3&F3&G3&H3&I3&J3=O2. Tanda & itu artinya menggabungkan karakter, coba blok bagian C3&D3&E3&F3&G3&H3&I3&J3 dan tekan F9, seharusnya formula akan menjadi ="ROMANTIS"=O2. Jika "ROMANTIS" sama dengan isian di cell O2 maka akan bernilai TRUE. Ulangi langkah tersebut sampai cell P19. Kelompokkan dulu soal-soal mendatar baru kemudian yang menurun, jangan dicampur aduk.


  6. Buat snapshot dari cell N2 sampai N10 (untuk soal mendatar). Caranya blok cell N2:N19, pilih menu Home > Copy atau Ctrl+C, pindah ke sheet "Sheet1", pilih menu Paste Special > Other Paste Options > Linked Picture. Ulangi langkah tersebut untuk cell N11 sampai N19 untuk soal menurun. Kalau bingung silahkan baca "Memantau Cell dengan Snapshot atau Linked Pictures". Jadinya seperti ini.


  7. Selanjutnya, terapkan conditional formatting untuk cell N2:N19 di Sheet2 sedemikian sehingga jika kita memasukkan jawaban yang benar maka teksnya akan dicoret. Caranya,
    • klik di cell N2, pilih menu Home > Conditional Formatting > New Rule.
    • Di jendela "New Formatting Rule" pilih "Use a formula to determine which cells to format" pada bagian "Select a Rule Type".
    • Pada bagian "Edit the Rule Description" masukkan =P2 di kotak "Format values where this formula is true:".
    • Klik menu Format..., di tab Font beri tanda centang pada Strikethrough di bagian Effects.
    • Klik OK dan OK lagi.


    • Gunakan menu Format Painter untuk menerapkan format di cell N2 pada N3 sampai N19. Jika langkahnya benar seharusnya hasilnya akan seperti ini.


    Gambar di atas adalah penampakan dari Sheet2. Di bawah ini penampakan di Sheet1.


  8. Yang terakhir hapus cell B2:K11 di Sheet1 dan sembunyikan Sheet2, lebih bagus lagi kalau Sheet2 di-xlSheetVeryHidden dari jendela VBE.
Selamat bereksperimen bagi yang menjalankannya. Download file jadinya Teka-Teki Silang di Excel. Semua soal TTS yang ada di file dijiplak dari indotts.com kecuali TTS yang paling susah di sheet terakhir, itu buatan saya sendiri. Kunci jawaban ada di sheet yang di-xlSheetVeryHidden yang hanya bisa ditampilkan dari VBE.

1 comments:

Copyright © 2015 ExcelPix All Right Reserved
Shared by Themes24x7